Minggu, 26 Februari 2012

Pendekatan mimeik novel sebelas patriot karya Andrea Hirata


Suatu hal yang takkan bisa diungkapkan oleh sebuah kata namun dapat dirasakan dalam hati, yaitu sebuah kebanggaan dan cinta. Suatu kebanggaan adalah suatu kata yang dapat dirasakan namun tak mampu untuk diungkapkan dengan kata-kata. Sama halnya seperti cinta yang tumbuh entah kapan,  dimana, karena apa, dan pada siapa  ia dapat memulai dan merasakannya. Kebangaan maupun cinta dapat terjadi karena seseorang yang memiliki makna khusus dalam hati seseorang dalam perjalan kehidupannya.  Seperti dalam novel Sebelas Patriot karya Andera Hirata yang menceritakan sebuah kisah yang menggetarkan dan sangat inspiratif tentang cinta seorang anak, pengorbanan seorang Ayah, makna menjadi orang Indonesia, dan kegigihan menggapai mimpi-mimpi. kebanggaan dan kecintaan seorang anak terhadap ayahnya tersebut dikemas sedemikian menarik dengan melatar belakangi sisi kehidupan seseorang yang penuh dangan perjuangan.
Seperti kisah yang diceritakan dalam novel Sebelas Patriot karya Andera Hirata ini mengisahkan seorang anak bernama Ikal yang mempunyai kebanggaan terhadap ayahnya karena ayahnya pernah menjadi salah satu pemain sepak bola yang dapat membanggakan masyarakat Balitong yang pada saat itu sedang dijajah oleh Belanda dengan kemenangannya. Saat itu ayahnya menduduki bagian sayap kiri dalam permain tim sepak bola PSSI, sehingga dapat mencetak gol dalam memperoleh kemenangan di pertandingan sepak bola melawan belanda. Namun karena kemenangan tersebut, membuat Belanda tak dapat menerima kekalahannya. Sehingga ayahnya dipukuli para kompeni Belanda, hingga tempurung lutu kiri ayahnya dibuat hancur oleh Belanda saat itu. Sehingga Ayahnya tidak dapat bermain bola lagi saat itu. Namun dengan sejarah hidup ayahnya, tokoh Ikal menjadi bangga terhadap ayahnya yang pada saat itu membela kemenangan tim PSSI, dan ia pun menjadi cinta dan bangga pada sepak bola terutama pada PSSI. Sehingga ia ingin menjadi pemain sepak bola seperti Ayahnya dalm tim PSSI. Namun kekecewaannya tak dapat menjadi anggota tim PSSI tidak menyurutkan semangat dan kecintaannya terhadap sepak bola dan tim PSSI. Selain itu ia pun tetap sangat menyayangi dan bangga terhadap prestasi yang ditorehkan ayahnya pada masa penjajahan Belanda. Sehingga ia tetap berusaha untuk membuat ayahnya tersenyum.
Berdasarkan cerita yang mengisahkan penuh kehidupan nyata tokoh ikal dalam novel Sebelas Patriot ini. Merupakan gambaran perjuangan seorang anak yang ingin membanggakan orangtuanya, terutama ayahnya. Sehingga ia dapat membuat ayahnya tetap tersenyum walaupun bukan dengan kemenangannya dalam memperoleh masuk tim PSSI. Namun dengan demikian novel ini memberikan gambaran seorang anak yang benar-benar mencintai dan membanggakan sesuatu yang ia sukai dan memperjuangkan keinginan dan cita-citanya. Yang dapat kita ikuti sebagai anak yang dapat berbakti pada orang tuanya dan dalam pengabdian membela bangsa dan negaranya.
Banyak kelebihan-kelebihan yang didapatkan dalam novel ini. Mulai dari nasionalisme yang tinggi terhadap tanah air kita, Indonesia. Yang tecermin dalam bahasa-bahasa yang digunakan, alur yang digambarkan secara detail. Disisi lain novel ini mengajarkan bagaimana kita dapat membahagiakan orang yang kita cintai. Walaupun bukan kebahgiaan yang nyata berupa materi, namun dengan kita membuat bangga dan membuat orang kita sayangi dapat tersenyum bahagia, cukup baginya mendapatkan sebuah kebahagiaan yang abadi dalam hatinya. Seperti kebangaykan kisah nyata di sekitar kita, bagiman seseorag dapat membahgaiakan orang ia kasihi, orangtuanya. Waluapun hanya dengan sebuah prestasi yang mereka torehkan dalam bidang akdemik sekalipun dapt membuat orang tua bangga dan bahagia ketika dapat melihat ankanya bahagia terhadap apa yang ia miliki. Selain kelebihan-kelebihan yang terdapat dalam novel Sebelas Patriot ini terdpat kekurangan, yaitu kesulitan pembaca dalam pemahman kata-kata yang sulit dimengerti oleh pembaca.
Dibalik kekurangan yang terdapat di dalm novel Sebelas Patriot ini dapat memberikan suatu pembelajaran yang dapat diambil oleh pembaca, yaitu keteguhan hati, kesungguhan dalam membela tanah air, ketulusan dalam memberikan yang terbaik untuk orang yang kita sayangi, dan terus berjuang dalam mengejar sebuah mimpi. Karena sebuah mimpi bukanlah hal yang tak dapat diwujudkan, dan kebanggaan dan cinta bukanlah sesuatu yang dapat diperoleh dengan material, melaikan hanya dapat diperoleh dengan kesungguhan dan perjuangan.

1 komentar: